Pengenalan RISC, CISC, dan ISP.

 RISC atau Reduced Instruction Set Computer adalah bagian dari arsitektur mikroprosesor yang memiliki fungsi mengatur atau menata instruksi yang digunakan diantara arsitektur yang lainnya. Pengaplikasian RISC yaitu pada AMD dan Intel. RISC memiliki karakteristik satu putaran eksekusi yang dijalankan CPI (Clock Per Instruction) yang berfungsi mengoptimalkan setiap instruksi pada cpu. lalu kemudian karakteristik RISC selanjutnya adalah pipelining yaitu sebuah teknik yang dapat melakukan eksekusi secara simultan sehingga proses instruksi lebih efisien. Karakteristik RISC yang terakhir adalah large number of register, yaitu RISC memiliki jumlah register yang sangat banyak. RISC sengaja di desain untuk dapat menampung jumlah register yang sangat banyak dan mengantisipasi agar tidak terjadi interaksi yang berlebih dengan memory yang sedang dijalankan. RISC tidak memiliki lebih dari satu operand beralamat memori setiap instruksinya. Instruksi yang digunakan pada RISC merupakan instruksi berukuran tunggal dengan fungsi menyederhanakan instruksi sehingga RISC instruksi pada RISC lebih mudah diproses membuat RISC lebih cepat dan jumlah pengalamatan yang sedikit dan tidak terdapat instruksi pengambilan dari memori (load) / penyimpanan ke dalam memori (store) yang digabungkan dengan instruksi aritmatika.

 CISC atau Complex Instruction Set Computing adalah suatu arsitektur komputer dari set instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan instruksi tingkat mudah atau rendah seperti pengambilan memori (load) dan penyimpanan ke memori (store) yang dirancang atau didesain untuk meminimalkan jumlah instruksi yang diperlukan untuk mengerjakan program yang diberikan (jumlah instruksi sedikit dengan bahasa yang rumit). Karakteristik yang dimiliki CISC adalah penggunaan memori yang sedikit sehingga penggunaaan CISC membuat harga pembuatan komputer menjadi lebih murah dan penggunaan set instruksi yang lebih lengkap dan kompleks untuk program yang akan dikerjakan. kelemahan dari CISC itu sendiri adalah instruksi yang lebih kompleks sehingga berpengaruh pada kinerja CISC yang menjadi lebih lambat. Mode Pengaamatan yang digunakan CISC juga lebih banyak. CISC menawarkan set intruksi yang powerful dan tangguh sehingga CISC memang hanya mengenal bahasa asembly yang sebenarnya ditunjukan bagi para programmer.

PERBEDAAN RISC dan CISC

 RISC dan CISC tidak terlalu berbeda jika hanya dilihat dari set instruksinya. RISC dan CISC terlihat berbeda pada arsitektur masing masing. Perbedaaan hanya dari jumlah instruksi, mode pengalamatan, jumlah register dan ukuran memori yang digunakan.

Pengertian ISP

ISP atau In System Programmable adalah kemampuan chip untuk memprogram IC tanpa harus menghentikan kerja mikrokontroler itu sendiri. artinya chip tersebut dapat memmprogram mikrokontroler itu langsung dengan menggunakan jumlah pin minimal.